Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Untuk para penderita asam urat perlu mengetahui makanan pantangan untuk penderita asam urat supaya pola makannya tetap baik dan juga terjaga. Penyakit asam urat ini memang lebih sering dirasakan oleh orang yang sudah berumur. Namun, beberapa hal ini terjadi pola makan dan gaya hidup yang dilakukan pada saat usia muda. Ketika berusia muda, godaan untuk menjalankan pola hidup yang tidak sehat sangat berat. Mulai dari memakan sembarangan makanan tanpa ada batasan. Hal ini lah yang membuat diri lebih mudah terserang suatu penyakit. Karena tidak ada pengendalian diri dalam memasukkan asupan makanan ke dalam tubuh. Sehingga hal ini membawa dampak yang buruk pada saat usia lanjut. Karena dampaknya ini baru terasa pada jangka panjang, maka hal ini sulit untuk diprediksi. Ada baiknya, ketika usia muda pun sudah mulai menjaga pola makan termasuk dari gaya hidup yang kurang sehat. Hal ini bisa menghindari terjadinya resiko penyakit yang dirasakan pada saat memasuki usia tua, seperti penyakit asam urat ini.

Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat
Belajar Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Banyak pikiran yang berkembang di masyarakat bahwa makanan yang memiliki rasa yang tidak enak biasanya adalah makanan yang sehat dan begitu juga sebaliknya. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya berlaku. Masalahnya adalah, ketika seseorang menderita suatu penyakit maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dan dirasakan melalui mulut dan lidah ini terasa tidak enak semua. Karena kondisi fisik pun sedang lemah, indra perasa juga ikut terkena dampaknya. Penyakit tertentu memang memiliki makanan yang menjadi pantangan untuk para penderitanya. Karena beberapa jenis makanan yang dikonsumsi ketika terkena suatu penyakit bisa memicu penyakit itu sendiri termasuk untuk penyakit asam urat. Maka dari itu, ada pula jenis makanan pantangan untuk penderita asam urat yang perlu untuk dihindari.

Jenis Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat


Makanan yang dikonsumsi pada umumnya memang memiliki manfaat sendiri. Apalagi makanan ini mengandung banyak gizi di dalamnya. Namun, ada kandungan di dalam makanan tertentu yang tidak baik ketika seseorang sudah terkena penyakit asam urat. Seperti makanan pantangan untuk penderita asam urat berikut ini :

Seafood
Jenis Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan yang berupa seafood ini sangat nikmat dan lezat apabila dikonsumsi. Dengan berbagai cara mengolah seafood yang membuatnya semakin enak ini tentu tidak menjadikan makanan ini makanan yang bisa dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Karena terlalu banyak mengonsumsi ikan laut ini tidak baik bagi para penderita asam urat. Beberapa jenis seafood yang masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah ikan, udang, lobster, kepiting dan juga belut. Namun, kadar makanan ini untuk dikonsumsi perlu dikurangi. Jumlah yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat ini kurang dari 4 – 6 ons saja setiap hari.

Daging Merah
Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat dan rematik

Daging merah menjadi makanan pantangan untuk dikonsumsi. Karena dalam sebuah penelitian, daging putih lebih aman dan baik untuk dikonsumsi. Konsumsi daging merah ini bisa dikonsumsi hanya saja tidak boleh terlalu sering.

Minuman Manis
ketahui jenis Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Minuman dengan rasa yang manis kadang menjadi godaan yang sangat berat untuk tidak dikonsumsi. Minuman manis seperti soda, sirup dan berbagai minuman olahan lainnya memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Kadar pemanis dalam minuman ini bisa memicu tubuh untuk memproduksi asam urat lebih besar lagi dari biasanya.

Related Posts: