Cara menghilangkan keputihan saat hamil

Cara menghilangkan keputihan saat hamil – keputihan adalah  merupakan sebuah proses keluar berupa cairan dari area kewanitaan anda yang terbilang abnormal. Keputihan ini biasa terjadi pada wanita yang hamil sebab terjadinya perubahan hormon serta aliran darah pada area rahim dan juga area kewanitaan, yang dapat mengakibatkan meningkatnya proses sekresi pada area kewanitaan. Perubahan hormonal tersebut juga bisa mengubah keseimbangan atas keasaman area kewanitaan anda, sehingga akan menyebabkan tumbuhnya jamur yang berubah menjadi iritasi. Pada umumnya sekresi pada area kewanitaan yang normal tidak menimbulkan rasa gatal. Sementara itu keputihan yang telah terinfeksi biasanya disertai dengan rasa gatal, nyeri, panas dan juga kemerahan, bahkan hingga dibarengi dengan rasa sakit ketika buang air kecil. Selain dari itu jika keputihan tersebut tidak teratasi maka bisa dengan mudah menular langsung pada bayi anda ketika proses persalinan kemudian akan menular kembali pada ibu yang sedang menyusui kemudian terjadi mastitis atau peradangan pada puting susu juga payudara.saat hamil memang akan banyak mengalami pngeluaran lendir – lendir dari vagina termasuk keputihan, ketika melakukan pembersihan bekas keputihan anda harus berhati – hati jika tidak vagina akan infeksi  dan bisa sakit-sakit, namu anda jangan khawatir berikut Cara menghilangkan keputihan saat hamil :

Cara menghilangkan keputihan saat hamil

1. Sebaiknya anda menghindari pemakaian air yang kotor ketika membasuh area kewanitaan anda, terutama juga kita menggunakan toilet umum.
2. Selalu gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun selain itu hindari pemakaian celana dalam yang berbahan dasar sintetis juga hindaari celana yang ketat.
3. Sebaiknya anda tidak terlalu sering memakai panty liner pada setiap harinya. Panty liner dapat membuat area kewanitaan anda menjadi lembab.
4. Segeralah mengganti pakaian dalam anda ketika terasa sangat lembab.
5. Bersihkan secara rutin area kewanitaan anda dari depan menuju ke belakang ketika selesai buang air kecil dan besar. Hal ini bisa membantu anda mengurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan juga anus.
6. Sebaiknya anda mengurangi makanan yang manis juga semua yang mengandung banyak kafein.
7. Sebelum anda membeli obat-obatan, sebaiknya anda mengkonsultasikan bersama dokter kandungan atau bidan anda. Konsumsilah obat yang diresepkan oleh dokter.
8. Setelah usai mandi pastikan area kewanitaan anda benar-benar kering. Anda dapat menggunakan handuk bersih untuk mengeringkannya dan ada baiknya anda tidak menggunakan tisu dengan aroma wewangian.
9. Hindari menggunakan sabun pembersih area kewanitaan.

Itulah beberapa Cara menghilangkan keputihan saat hamil, jika anda membersihkan nya dengan benar maka keputihan akan tetap normal dan tidak akan terjadi infeksi pada vagina.

Related Posts: