Obat keputihan alami untuk wanita

Obat keputihan alami untuk wanita – pasti setiao wanita yang sudah dewasa atau baligh mengalami yang namanya keputihan, lalu apa  itu keputihan? keputihan adalah cairan berwarna putih agak kental yang keluar dari lubang vagina dan biasanya berbau tidak sedap serta disertai rasa gatal. Namun sebenarnya keputihan itu ada dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Keputihan fisiologis biasanya terjadi saat masa subur dan menstruasi. Ciri-cirinya, cairan yang keluar encer, berwarna krem atau bening, serta tidak berbau dan jumlahnya pun sedikit. Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang normal pada setiap wanita.

Obat keputihan alami untuk wanita

Sementara keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal. Cirinya cairan bersifat kental, bewarna putih seperti susu, terkadang bewarna mirip keju bahkan bewarna hijau, berbau yang tak sedap, menimbulkan rasa gatal, menyisakan bercak-bercak pada celana dalam, dan cairan yang dikeluarkan sangat banyak. Namun keputihan juga bukan berarti penyakit, itu hanya sebuah proses dalam tubuh yang menimbulkan cairan keluar lewat lubang vagina, dibawah ini ada beberapa obat keputihan alami untuk wanita :

Baca juga: Cara merapatkan vagina dalam 5 menit

1. Bawang putih
selain untuk bumbu masak, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati keputihan ,dan digunakan sejak dahulu, karena memiliki sifat antibiotik. Sesuai dengan temuan M. Melvin Joe, dalam Jurnal Penelitian Tanaman Obat dari The University of Maryland Medical Center atau UMMC, merekomendasikan untuk mengambil bawang putih sebagai suplemen dan menggunakan ekstrak bawang putih sebanyak 400 mg, dua atau tiga kali setiap hari.

2. Kunyit
selain bawang putih bumbu masak lainya juga yang bermanfaat untuk mengobati keputihan adalah kunyit.

3. Akar bayam
Akar bayam memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam mengobati infeksi. Senyawa pada akar bayam bermanfaat membantu dalam penyembuhan organ reproduksi..

4. Daun Sirih
Daun sirih dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan bau saat keputihan. Makanan yang Mengandung Probiotik

Baca Juga:  Cara menghilangkan keputihan secara alami

5. Tea tree oil
Tea tree oil (melaleuca alternifolia) adalah pengobatan yang sudah digunakan bertahun-tahun silam. UMMC menyarankan penggunaan tea tree oil untuk mengatasi bakteri, yaitu setiap malam selama tujuh hari. Bahan ini bisa dengan mudah Anda temukan di apotik terdekat.

6. Biji ketumbar
Biji ketumbar adalah obat rumah yang sangat bermanfaat bagi keputihan. Rendam benih dalam air semalam. Saring dan minum air ini keesokan harinya pada saat perut kosong. Hal ini dapat dilakukan untuk setidaknya satu minggu untuk hasil yang lebih baik.

7. Biji buah mangga
mungkin anda mengira biji buah mangga tidakberguna, jika sudak  dimakan dan habis daging buah mangganya pasti di buang, namun buah biji mangga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati keputihan.

Related Posts: